Senin, 29 Oktober 2012


PENINGKATAN  PROFESIONALISME  GURU  DAN 
PRESTASI KERJA GURU
DI KABUPATEN  KARAWANG

                Pendidikan pada hakekatnya adalah usaha membudayakan manusia atau memanusiakan manusia, pendidikan amat strategis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan diperlukan guna meningkatkan mutu bangsa secara menyeluruh. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Peningkatan mutu pendidikan ditentukan oleh kesiapan sumber daya manusia yang terlibat dalam proses pendidikan. Guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu hasil pendidikan mempunyai posisi strategis maka setiap usaha peningkatan mutu pendidikan perlu memberikan perhatian besar kepada peningkatan guru baik dalam segi jumlah maupun mutunya.
Sadar akan pentingnya peningkatan profesionalisme Guru dan prestasi kerja guru, sebagai leader di SMP Negeri 3 Karawang Barat, Drs. H. Herman, M.Pd  mengundang  seluruh guru  SMP Negri 3 Karawang Barat untuk mengikuti  “Workshop Kurikulum Satuan Pendidian” yang di selengarakan di Aula Grand Taruma  Agung Podomoro Land  Karawang.  Kegiatan workshop ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan  Olahraga Kabupaten Karawang Drs. H. Agus Supriatman, M.Pd. Pada sambutanya Kadis menekankan pentingnya kegiatan seperti Workshop, pelatihan, MGMP, seminar, diklat, lokakarya dll dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru dan  prestasi kerja guru di Kabupaten Karawang  yang masih rendah. Guru pada prinsipnya memiliki potensi yang cukup tinggi untuk berkreasi guna meningkatkan prestasi kinerjanya . Guru dituntut memiliki kinerja yang mampu memberikan dan merealisasikan harapan dan keinginan semua pihak terutama masyarakat umum yang telah mempercayai sekolah dan guru dalam membina anak didik, sambut Kadis. Sebagai Nara Sumber pada Kegiatan ini  adalah Pengawas Pembina Dra. Hj. Ecin Kuraesin, M Pd dan Drs. H. Kuswara.S.Azizs, MM, Pengawas  Pembina memaparkan tugas dan tanggung jawab sebagai guru yang profesional, tuntutan profesionalisme guru tentu harus terkait dan dibangun melelui penguasaan kompetensi-kompetensi yang secara nyata dalam menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugas dan pekerjaannya sebagai guru. Kompetensi-kompetensi penting jabatan guru tersebut adalah :  Kompotensi profesional, yaitu kompetensi pada bidang substansi atau bidang studi [kurikulum], kompetensi bidang pembelajaran [menguasai materi pelajaran], teknik dan metode pembelajaran, sistem penilaian, pendidikan nilai dan bimbingan. Kompetensi sosial, yaitu kompetensi pada bidang hubungan dan pelayanan, mampu menyelesaikan masalah, pengabdian pada masyarakat. Kompetensi personal, yaitu kompetensi nilai yang dibangun melalui perilaku yang dilakukan guru, komitmen pada tugas, berdisiplin tinggi, memiliki pribadi dan penampilan yang menarik, mengesankan serta guru yang gaul dan ”funky”sehingga menjadi dambaan setiap orang, sosok guru yang menjadi tauladan bagi siswa dan panutan masyarakat.






Posted  oktober  2012 by admin in Sri Rahayuni, S.Pd  (PKS Kurikulum )
http://smpnegeri3karawangbarat.blogspot.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bekerja dan Berkarya